Senin, 28 September 2015

PERSIAPAN KEBERANGKATAN PK-30

Halo guys,
 
Di entry kali ini saya akan bercerita mengenai tahap akhir seleksi LPDP, yaitu Persiapan Keberangkatan (disingkat PK). Di PK ini, kita akan mengikuti berbagai kegiatan, antara lain forum sharing dari orang-orang hebat se-Indonesia (contohnya, pak BJ Habibie, mba Najwa Shihab, pak Boediono, dan masih banyak lagi), sesi outbound, bakti social, dan acara penutupan PK sendiri. Durasi PK saat ini adalah 6 hari, dimana dulunya PK itu diadakan selama 12 hari (cmiiw). PK LPDP sendiri dimulai pada akhir tahun 2013 (again, cmiiw), dan saya mendapatkan "jatah" PK tanggal 9-14 Maret 2015, dimana saya termasuk tim PK Batch 30. Gimana ceritanya? Here we go.....

Berawal dari akhir bulan Januari, dimana setelah saya dinyatakan lulus sesi wawancara, dan saya pun menunggu (dengan harap2 cemas) jadwal kegiatan PK dimana nama saya masuk didalamnya, dan akhirnya saya mendapat kepastian untuk mengikuti PK Angkatan 30 tanggal 9-14 Maret 2015 di Wisma Hijau, Depok, Jawa Barat. Adapun angkatan saya terdiri dari + 128 orang pada saat diumumkan pertama kali, dan setelah melewati berbagai dinamika Pra-PK (tugas2, pemilihan ketua angkatan, dlsb), yang tersisa tinggal 121 orang, dengan beberapa dari yang mengundurkan diri karena berhalangan sehingga mengganti jadwal PK nya.

Sebulan sebelum PK dimulai, LPDP membuatkan forum milis khusus untuk kami, angkatan 30, sebagai wadah berkomunikasi dan tempat PIC PK mengirimkan file-file tugas yang harus kami selesaikan sebelum kegiatan PK dilaksanakan. Tugas-tugas yang dikirimkan itu bervariasi, ada mengenai penentuan Ketua Angkatan, Nama Angkatan, logo, pembuatan Life Grand Map, bahkan kontes foto pun ada, dengan total hampir 30 tugas (lumayan kan...). Adapun PK-30 selalu berhasil menuntaskan tugas2 tersebut tepat pada waktunya (kadang kecepetan, malah), thanks to all crews of PK-30.

 
Logo PK-30

Adapun kegiatan2 kami selama 6 hari selain sharing session, juga diisi dengan Outbound session di daerah Pangalengan, Kab. Bandung. Dimana disana disediakan berbagai fasilitas untuk kami pakai, seperti pavilion, pemandu lapangan di lokasi acara, bahkan venue2 untuk kami mainkan (Arung jeram, flying fox, dan paintball).

Juga ada yang dinamakan kegiatan "Community Development". Kegiatan ini adalah bakti social yang diselenggarakan di daerah2 yang tertinggal, dimana untuk itu kami melakukan survey dahulu dengan bantuan crew PK, dan mendapatkan daerah terpencil di wilayah Depok. Disana kami menyelenggarakan penyuluhan kesehatan gratis bagi anak2 dan ibu2, serta pelatihan persiapan lamaran kerja untuk anak2 muda. Tentunya kegiatan2 ini sangat menantang sekaligus menyenangkan untuk kami jalani, serta menambah kekompakan kami sebagai satu angkatan PK.

Oh ya, nama angkatan kami adalah Lentera Nusantara, yang menyatakan tekad kami untuk menjadi terang/cahaya di tempat kami studi, membawa nama baik Indonesia. Foto resmi angkatan kami dapat dilihat di background blog ini.
 
 
 
Kegiatan Outbound di Pangalengan, Bandung
 
Foto Angkatan PK-30
 
Highlights Acara PK-30 yang dibuat Super Team PK, superb!
 
Haloo, it was in a break after the first session.
 
 
Secara pribadi, saya berterima kasih kepada Super Team PK LPDP (PIC PK a.k.a Pak Kamil, serta seluruh crews yang bertugas), atas kerja keras mereka menyiapkan segala yang berhubungan dengan acara PK ini, sehingga berjalan dengan lancar dalam 6 hari , mulai dari menyiapkan narasumber2 maknyus untuk sesi sharing (untuk PK saya berhasil mengundang Pak Din Syamsudin, pak Hasnul Suhaini ex-CEO XL, pak Yudi Latif sejarawan Indonesia, Dr. Warsito Taruno penemu metode baru penyembuhan kanker di otak, ibu Retno Marsudi selaku Menlu Indonesia, dan masih ada lagi yang sudah saya lupa, hehe..), juga mengarahkan kami selama kegiatan berlangsung, bahkan memfasilitasi untuk kegiatan Bakti Sosial dan Penutupan PK.
 
Akhir kata, mengutip ucapan Pak Kamil, "PK itu indah, tapi bukan untuk diulangi", dan "PK itu menyatukan orang2 untuk kemudian memisahkan lagi", hal tersebut sangat saya rasakan setelah mengikuti kegiatan PK, dimana saya mempunyai hubungan yang special dengan teman2 PK yang lain, dan komunikasi yang intens hingga saat kami terpisah oleh jarak antara tempat kuliah kami masing2 saat ini, bahkan bukan rahasia lagi kalau PK telah "menelurkan" banyak manusia2 yang menenukan jodohnya melalui kegiatan ini (saying saya belum,hahaha...). So, wish all the success for all of Lentera Nusantara crews in our study and life, also the best for Super Team PK to become more and more creative and innovative.
 
Ciao!
 
Gerald
Lagi di Delft, tapi hati tetap cinta Indonesia.
 
 
 
PS:
Info PK ter-update, saat ini sudah memasuki jadwal untuk PK 42, tetapi yang sudah dapat jadwal mencapai PK-49 (woww, peminat LPDP sudah sangat banyak yah). Info ini dapat diakses sendiri di web pklpdp.id, teman2 juga akan di-email langsung dari LPDP jika sudah punya jadwal PK resmi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar