Selasa, 31 Maret 2015

Seleksi Beasiswa LPDP - General

Hai guys, let me introduce myself first
Nama saya Gerald, fresh graduate asli Makassar
Sewaktu kuliah mengambil jurusan Teknik Sipil di Univ. Atma Jaya Makassar 
(p.s. ga usah nanya apa bener ada univ Atmajaya di Makassar, yes, It DOES Exist)

Singkat cerita, sesuai cita-cita ku untuk menjadi dosen dan scientist yang akan membuat suatu penemuan besar di bidang rekayasa material jalan raya (soooo civil engineering), maka saya ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat Master.

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa pendidikan itu biaya nya sangat besar, very costly, maka saya selaku mahasiswa dari keluarga yang standard, perlu mencari pihak-pihak baik untuk membiayai kuliah saya
Kemudian, dikenalkanlah saya dengan yang namanya LPDP

Alkisah, setelah mendapatkan info dari dosen pembimbing saya, bahwa tersedia beasiswa dari Pemerintah Indonesia untuk orang yang ingin melanjutkan studinya ke tingkat Master dan Doktor, maka saya dengan bersemangat mendaftarkan diri, tentunya dengan bantuan dan bimbingan dari para dosen-dosen tercinta di kampus almamaterku (Thanks to them)

Fyi, LPDP adalah Lembaga Pengelola Dana Pendidikan yang berada dibawah 4 kementerian (Kemen Keuangan, Kemen Riset dan Teknologi, Kemen Pendidikan, Kemen Agama) ; dan memberikan beasiswa full-funded (tuition fee, living allowance, etc, you name it) bagi para calon mahasiswa yang berpotensi dan mempunyai jiwa kepemimpinan dan nasionalisme, dimana para penerima diharapkan akan menjadi pemimpin Indonesia di masa depan. Adapun seleksi penerimaan beasiswa LPDP terbagi atas beberap tahap yakni :


1. Seleksi Administrasi => Merupakan tahap seleksi atas berkas-berkas yang dikirimkan, antara lain ijazah, transkrip, sertifikat TOEFL / IELTS, dlsb ; untuk jelasnya dapat dilihat di web http://www.lpdp.kemenkeu.go.id/wp-content/uploads/2015/02/BROSUR-MULAI-28-APRIL-2015.pdf
Adapun penjelasan lengkap dari saya di bagian lain dari blog ini

2. Seleksi Wawancara => Merupakan tahap berikut seleksi setelah berkas dinyatakan lolos secara administratif, seleksi ini diadakan di berbagai kota yang telah ditentukan oleh LPDP
Adapun penjelasan lengkap dari saya di bagian lain dari blog ini

3. Leaderless Group Discussion => Umumnya diadakan di hari yang sama dengan seleksi wawancara, sistemnya berupa simulasi diskusi oleh beberapa orang calon penerima beasiswa, dan team reviewer hanya mengamati jalannya diskusi yang dilakukan para peserta tersebut
Adapun cerita lengkap dari saya di bagian lain dari blog ini

4. Persiapan Keberangkatan (PK) => Inilah tahap paling terakhir dari seleksi oleh panitia LPDP, dimana dalam kegiatan ini kita akan dibekali dengan materi-materi kepemimpinan dan nasionalisme oleh orang-orang terkenal dan hebat yang dipunyai Indonesia di berbagai bidang
Ikuti cerita pengalaman saya tentang PK di bagian lain blog ini

Then, voila, selamat menjadi anggota keluarga besar Awardee LPDP!

Demikian review singkat dari saya, adapun cerita mengenai masing-masing tahap seleksi menyusul di bagian berbeda

Bersama ini saya juga mendorong teman-teman yang ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat Master dan Doktor, untuk mendaftarkan diri untuk beasiswa ini

Web LPDP : www.lpdp.depkeu.go.id

Cerita ini bersumber dari pengalaman pribadi, bukan official dari LPDP


1 komentar:

  1. Butuh IELTS tinggi untuk keperluan akademik, professional & imigrasi?
    Kami menyediakan program kilat, yaitu GARANSI IELTS 7.5 dalam 4 bulan. Berpengalaman lebih dari 14 tahun, satusatunya di Indonesia yang memiliki program GARANSI IELTS 8.0 & score internasional dari 4000 alumni kami merupakan yang paling spektakuler di Indonesia. 08787 8787 190

    BalasHapus