Rabu, 01 April 2015

Seleksi Administrasi LPDP - First Step to Get LPDP Scholarship

Hello, kembali lagi bersama saya Gerald

Kali ini saya ingin bercerita mengenai proses seleksi administrasi LPDP sesuai pengalaman saya

Balik ke Agustus 2014, setelah berhasil lulus dari jenjang S-1, dan setelah mengecek website LPDP (www.lpdp.depkeu.go.id), maka saya memutuskan untuk mencoba mendaftar.
Adapun untuk pendaftaran beasiswa LPDP, ada berbagai persyaratan administratif yang harus saya penuhi, antara lain :






1. Ijazah dilegalizir (Aman)
IPK S-1 yang disyaratkan untuk pendaftaran adalah min. 3.00 dari skala 4
Sedangkan untuk pendaftaran S-3, IPK S-2 yang disyaratkan adalah 3.25 dari skala 4.
Puji TUHAN untuk hal ini saya lolos, 3.58 dari skala 4.

2. Transkrip Nilai (Aman)

3. Sertifikat TOEFL / IELTS
    Untuk nilai TOEFL, syarat dari LPDP adalah 500 untuk Magister dan Doktor Dalam Negeri (DN) dan 550 untuk Magister dan Doktor Luar Negeri (LN).
Adapun nilai IELTS yang disyaratkan adalah 6.0 untuk DN dan 6.5 untuk LN

4. Kumpulan essay
LPDP mewajibkan para pelamar untuk membuat essay, nah topic essay nya adalah khas LPDP, yakni “Sukses Terbesar Dalam Hidupku” dan “Baktiku Untuk Indonesia”.

5. Rencana Studi
Untuk program magister, dalam rencana studi dituliskan secara ringkas dan jelas mengenai rencana program perkuliahan yang akan ditempuh (daftar mata kuliah disarankan), serta rencana penulisan tesis atau penelitian untuk yang mengambil Master by Research. Adapun untuk tingkat Doktor, rencana studi itu disertai rincian proposal disertasi.

6. Surat Keterangan Dokter
Hal ini sudah cukup jelas

7. Rekomendasi (Reference Letter)
Untuk surat rekomendasi ini, cukup dibuat oleh seorang rekomendator, yakni Dosen Pembimbing di jenjang sebelumnya / Dekan / Atasan (bagi yang telah bekerja) / Tokoh Masyarakat / Ketua Organisasi – Lembaga Sosial tempat bekerja

8. Letter of Acceptance (Unconditional)
Akan lebih baik jika melampirkan juga LOA dari Universitas tujuan, yang sayangnya, pada saat mendaftar kemarin belum saya miliki.
Adapun persyaratan baru LPDP yakni jika seorang pelamar telah memiliki LOA Unconditional, maka persyaratan Ijazah dan Bahasa (IELTS, TOEFL) otomatis telah dilulusi oleh pelamar tersebut.


Setelah dokumen tersebut siap, saya kemudian membuka situs pendaftaran beasiswa LPDP di www.beasiswa.lpdp.depkeu.go.id
Dimulai dengan membuat account untuk pendaftaran,



Untuk mendaftar, disarankan memakai akun Gmail ya, karena LPDP sendiri akan berkomunikasi dengan kita di milis Gmail, jadi akan lebih baik sejak awal mendaftar menggunakan akun Gmail.

Kemudian masuk ke dalam menu,




Mulai lah mengisi universitas dan jurusan tujuan anda

Kemudian pada tab selanjutnya (Status), mulai meng upload kelengkapan administrative yang saya sebutkan di atas.

Jika sudah lengkap, dan tidak ada yang hendak diubah lagi, silahkan menekan tombol “Submit Data”, dan voila, data terkirim dan tidak dapat direvisi kembali.

Fyi, saya mendaftar untuk Magister DN Institut Teknologi Bandung, Program Studi Sistem dan Teknik Jalan Raya

Logo ITB, Institut Teknologi Bandung


Sampai di sini saya merasa senang telah berhasil mengirim aplikasi saya
Lama kelamaan, menjelang pengumuman, saya menjadi gundah dan galau (zzz) apakah saya diterima atau tidak yaa oleh LPDP

Kebetulan pada saat pengumuman kelulusan, saya sedang berada di Bandung, mengikuti seleksi masuk SPS ITB, sendirian, sunyi (lebay, hehehe).
Sehari sebelum seleksi SPS, saya dikabari via email bahwa hasil seleksi administrasi telah keluar, akan tetapi saat membuka website LPDP, ternyata doi sedang bermasalah sehingga down, makin deg-degan lah saya saat itu
Untunglah rekan awardee LPDP dengan baik hati meng upload hasil seleksi ke Facebook Group LPDP sehingga bisa saya akses.
Setelah berdoa, saya mulai membuka masing-masing file PDF yang telah saya download, akan tetapi setelah cape mencari (via Ctrl + F hehe) saya belum menemukan nama saya di list, cukup terpukul juga sih saat itu
Hingga tidak sengaja mengklik page PDF tersebut, ternyata berupa file hasil scan, (ya iyalah ga bakal bisa di search kalau gitu), maka kembali saya menelusuri baris per baris nama, dan PUJI TUHAN, nama saya ADA! (GOAALL, lompat2 kegirangan dalam kamar kos)


Yeah, my name was on the list, SEE?


Demikian sepenggal kisah saya saat seleksi administrasi LPDP
Untuk persyaratan tahun 2015, sekiranya LPDP telah membuat sedikit perubahan



Untuk cerita selanjutnya mengenai seleksi Wawancara dan Leaderless Group Discussion, ditunggu yah guys.



Christian Gerald Daniel,
Awardee LPDP
PK-30
Lentera Nusantara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar